Cara ampuh berjualan di Kaskus

Desember 22, 2009

kaskus11

Saya memakai kata “relatif” pada judul post di atas karena saya sakin tidak ada resep mutlak untuk sukses berjualan di situs terpopuler di Indonesia, KASKUS. Di dalam kaskus, semua member boleh menjual barang-barang miliknya secara bebas dan bertanggung jawab. Bebas dalam artian barangnya bsia apa saja asal tidak melanggar Term of Service Kaskus. Bertanggung jawab berarti si penjual siap menanggung semua risiko yang akan timbul akibat barang dagangannya. Oke Gan, langsung saja … ga pake lama. Ini dia langkah-langkah yang saya maksud itu:

1. Beri Kata Sambutan buat Agan-Agan

contoh:

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk Agan-Agan semua.
Wimkhan Clothing dengan senang hati mempersembahkan Kaus “El Nino” Fernando Torres.
BARANG PRE ORDER (Per 12 Pemesan langsung sablon dan kirim)
(Anda PESAN & TRANSFER UANG, lalu kami SABLON & KIRIM)

2. List barang yang akan dijual

a) Sebutkan nama barang dengan jelas plus beri kode kalau barang yang dijual banyak.

Kaus Torres El Nino

contoh:

El Nino Merah (N-11)
El Nino Hitam (N-12)

b) Tampilkan gambar barang yang akan dijual.

Semakin realis semakin baik. Gunakan spoiler kalau barang yang dijual banyak agar pengunjung tidak terlalu lama menunggu tampilnya barang-barang yang hendak Anda jual.

Contoh:

Adidas Predator Duramo Slide @ 490 ribu

Adidas Predator Duramo Slide @ 490 ribu

3. Beri bonus dan potongan harga atau gratis ongkos kirim!

Kalau bisa sih, semua pembeli enaknya dikasih bonus dan potongan harga. Tapi kalau Anda belum mampu melakukannya, bonus dan diskon bisa diberikan buat mereka yang berani beli banyak saja! Misalnya, harga produk per unit = Rp. 65.000, tapi kalau berani beli 1 lusin (12 unit), pembeli langsung mendapat diskon Rp 5.000 per unit sehingga total bonusnya adalah 12 X Rp 5000 = Rp. 60.000,-

Selain potongan harga, Anda juga bisa membebaskan pembeli yang berdomisili di kota anda dari biaya ongkos kirim. Kalau ada lagi bonus yang lain mohon tulis di komentar biar banyak yang dapat ilmu pengetahuan🙂

4. Cantumkan jasa pengiriman atau kargo services beserta website-nya.

contoh:

PENGIRIMAN VIA TIKI JNE-Yogyakarta
www.tikijne.co.id

5. Cantumkan cara pemesanan.

contoh:

Data Pemesan

– NAMA : …………………………
– ID KASKUS : ……………….. (jika ada)
– ALAMAT LENGKAP : ………………………..
– NO. HP : …………………………
– YM : ………………….. (jika ada)
– KODE Barang : ……………..
– JUMLAH Barang : …………..

6. Cantumkan contoh data pemesan yang valid

contoh:

Data Pemesan

Nama : Wim Permana
Kaskus ID : wimkhan
Alamat Lengkap : Jalan KH ALi Maksum No. 130 Yogyakarta 55143
YM : wimkhan@yahoo.com
Email : wimkhan@gmail.com
HP : 081328351154

7. Cantumkan bank tempat tujuan pembayaran (semakin banyak banknya semakin baik)

Contoh:

BNI Syariah 0092160046 atas nama Wim Permana

atau

Mandiri Syariah 0092160046 atas nama Ahmad Rui Costa

8. Cantumkan keterangan tambahan

Contoh:

  1. Pesan & langsung transfer karena barang Pre-Order
  2. Data yang lengkap & LUNAS baru dikirim
  3. Waktu Pengiriman ± 3 hari (jika tidak ada kendala)
  4. Pengiriman dari Yogyakarta
  5. Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali (pastikan Anda memesan jenis dan ukuran barang dengan benar)
  6. Keluhan dilayani via panggilan telepon atau SMS dalam waktu 1 X 24 jam setelah barang sampai
  7. Pengiriman telat adalah tanggung jawab pihak jasa pengiriman, bukan penjual

9. Minta bookmark pengunjung

Mintalah para pengunjung thread Anda untuk membookmark lapak Anda. Maklum, siapa tahu ada penambahan produk dan diskon harga yang bisa memancing pengunjung lama untuk berkunjung lagi ke lapak anda.

10. Cantumkan sesi-sesi penjualan dan produksi barang

Bila sesi pemesanan ON berarti para pengunjung dan calon pembeli masih bisa memesan barang dagangan Anda. Bila off berarti barang yang dijual sudah tidak bisa dipesan lagi, kecuali kalau si penjual setuju. Begitu juga untuk urusan transfer dan produksi.

Contoh:

Sesi pemesanan : ON
Sesi Transfer : OFF
Sesi Produksi : OFF

Kalau ada penjual yang menulis sesi-sesi seperti di atas itu berarti pembeli untuk sementara hanya boleh memesan barang smeentara sesi transfer dan sesi produksi belum berjalan. Biasanya kalau jumlah pemesan sudah memenuhi kuota, maka si penjual akan mengganti sesi-sesi di atas menjadi:

Sesi pemesanan : OFF
Sesi Transfer : ON
Sesi Produksi : OFF

Dan begitu seterusnya. Paham kan?

11. Sering-sering sundul

Kata sundul di sini bukannya menyundul bola dengan kepala lho. Sundul di sini berarti me-reply post yang Anda buat sendiri dengan sesuatu, entah itu yang penting seperti daftar pemesan barang atau sampai yang remeh seperti “selamat pagi/siang/sore/malam gan“.

Buat apa sih menyundul? Kalau post atau lapak Anda banyak yang melihat dan mereply, pengunjung-pengunjung lain mungkin akan terpicu untuk mengklik, melihat-lihat, bahkan membeli barang yang anda jual. Ini adalah strategi dagang yang lumrah dan sederhana. Bukankah pada umumnya orang-orang senang berbelanja di tempat/lapak yang ramai dibanding lapak yang sepi, iya kan? Betul?

Oh ya, satu lagi nih, menyundul lapak-lapak orang lain juga disunahkan kok. Tapi ingat, jangan terlalu banyak dan membabi buta cuz moderator-moderatornya bisa ngamuk lalu mem-banned kalian.

12. Berdo’a!

Ada thread/post/lapak yang banyak dilihat dan di-reply, tapi yang beli sedikit. Tapi ada juga thread yang sedikit dilihat dan direply orang tapi malah banyak pembelinya. Itulah misteri ilahi dan misteri kaskus, rizki mah ditangan Allah, bukan manusia. Jadi jangan takut dan cepat-cepat putus asa kalau thread Anda sedikit pengunjungnya. Banyak pengunjung memang bikin senang, tapi banyak pembeli memang bisa bikin kantong tambah geli. Hihihihi …

Untuk melihat contoh lapak-lapak yang sudah saya buat, silahkan kunjungi lapak-lapak saya di kaskus. (Lapak Kaus Blacksweet & Lapak Kaus Torres) Saat ini saya banyak menjual kaos-kaos produksi Wimkhan Clothing (distro saya sendiri), ke depan tidak tertutup kemungkinan saya akan belajar menjual aneka produk selain kaos. So ditunggu ya aksi saya berikutnya. Hehehehehe … Semoga kita semua bisa sukses di Kaskus. Amin.

Contoh-contoh lapak laris di Kaskus

  1. [PRE ORDER] JAKET LIVERPOOL CHAMPIONS LEAGUE, AC MILAN, INTER MILAN Season 09_10 – Kaskus – The Largest Indonesian Community.mhtoleh by panonpoe. Check out here!
  2. [READY STOCK] POLO-SHIRT Manchester United, Chelsea, lierpool,Barca..dll..Harga Promo by edgarwins. Check out here!

Contoh-contoh lapak Wimkhan Clothing di Kaskus

  1. Lapak Kaus Blacksweet buat yang hitam manis.
  2. Lapak Kaus El Nino Fernando Torres.

Oke deh gan, itu dulu tips dan ilmu untuk hari ini. Di kesempatan yang lain, insyaallah saya akan berbagi ilmu lagi seputar pengalaman dan kesan-kesan berjualan di situs yang sempat dirumorkan akan dibeli oleh Google, kaskus. Btw kalau agan-agan juga punya ilmu atau pengalaman menarik, silahkan bertukar ajian-ajian kaskus di box komentar. Hihihihi …

Thanks ^_^Wim Permana aka Wimkhan
Founder of Wimkhan Clothing
Let’s Rock Together!

40 Responses to “Cara ampuh berjualan di Kaskus”

  1. Dini Forum Says:

    very nice to blogs tanks site admin

  2. hana Says:

    tutorial jualan di kaskus bagaimana

  3. asep sorov Says:

    mantap nih blog, gan ajarin w jadi reseller dari nol dong!!!!

  4. wowor Says:

    makasih banyak info nya

  5. aprie Says:

    Makasih atas semua infonya boz, ingin banyak belajar darimu boz. supaya bisa meraup sukses berkala dalam berjualan kaos dikaskus, dll. Salam kenal sebelumnya ya boz, 081802764756.

  6. yanti Says:

    makasih artikelnya bro, btw aq dah gabung sih di kaskus tapi masih newbie dan jarang buka tread jualan masih belajar ilmunya salah satunya dari artikel ini🙂


  7. mas tolong kunjungi designku yaa. aku juga mau ikutan seperti mas

  8. caca Says:

    thanks ya pak gan…. sangat membantu… aku praktekin yah

  9. begadang Says:

    oooooooooo,
    bagus tuh boy

  10. Kuras WC Tanpa Sedot | Penghilang Bau WC | Penguras WC | Penguras Septictank Says:

    Informasinya bagus saya suka, karena saya juga jualan di Kaskus tapi g rame rame karena blom bisa memberikan sundulan..akhirnya kesasar di blog ini..bagus:-)

  11. cah_pri Says:

    Thanks boz atas informasinya yang berharga…
    mudah2an berguna buat kaskuser lainnya..

  12. belajar drum Says:

    oke siap dipraktekkan Gan, selama ini masih bingung nie kalau mau jualan di kaskus gimana caranya…..

  13. belajar drum Says:

    oke siap dipraktekkan Gan, selama ini masih bingung nie kalau mau jualan di kaskus gimana caranya…..

  14. Jasmine Says:

    terima kasih infonya

  15. Novyar Nafis Says:

    Gak afdol jika ga comment nih…,soalnya berharga sekali nih Tips and triknya,ok gan..makasih ya.Buat yg lain salam kenal ya..?? numpang ngelink ya gan..???
    http://omnovyar.blogspot.com/
    http://sentralbisnis.co.cc/

  16. bravo Says:

    manstab gan tipsnya…buat ku ini sangant berharga gan …


  17. subhanallahhh kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn mamipir gan k site ane,,,, ane juga sepi komrnt di kskus tp alhmdulilah pesanan striping ane rame aminnnnnnnnnnnnnnnnnnn


  18. Makasih banyak infonya gan, mantab..

  19. eko waluyo Says:

    sangat membantu gan

  20. agung Says:

    mantab gan,, sundul iklan ane ya,,

  21. ujeray Says:

    o gitu gan maksai infonya.tenlung

  22. bone Says:

    bermanfaat sekali ni gan tq dah

  23. agung Says:

    aseekk banget tipsnyya

  24. antondewantoro Says:

    Tips nya sangat berharga Gan, makasih


  25. nice info gan semoga ane juga ikut kebanjiran konsumen dikaskus
    moga tambah laris jualanya gan

  26. yantie Says:

    aku mau jual tiket ka taksaka pagi tgl 17 agustus 2012..harga sesuai tiket

  27. baju anak Says:

    wuih….lengkap amir ya
    yg penting take action

  28. mandiri cell Says:

    kmi menwarkn promo diskon50% hrg BB,SAMSUNG,CAMERA,LAPTOP,IPHONE,BB CURVE 8520 HRG 500rb/klik http://www.mandiricell06.co.cc/CALL/SMS☎085342614012

  29. Sepatu Murah Says:

    Makasih Gan atas infonya
    sangat bermanfaat..
    salam sukses buat agan dan para pembaca sekalian


  30. Ane juga lagi coba jualan
    Jualan Avatar gan, tapi blum ada yang mampir. mudah2an udah baca ini banyak yang beli
    nice info gan


  31. Terima kasih gan infonya…

  32. Saifudin Says:

    mau coba dulu gan . . .thanks ya inpohnya .. .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: