5 Situs Inspiratif untuk Desainer Kaos

Desember 27, 2009

Desainer adalah salah satu profesi yang paling banyak membutuhkan inspirasi. Inspirasi sebenarnya bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja. Salah satu cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melihat-lihat beberapa situs di internet yang secara khusus memang membahas desain dan segala uneg-unegnya. Selain mudah diakses, inspirasi di internet biasanya gratis. Berikut kelima situs yang siap memberi inspirasi para desainer kaos Indonesia.

1. Design By Humans (DBH)

DBH

Situs yang bermarkas di USA ini sejatinya adalah penjual kaos. Uniknya, kaos-kaos yang dijual sebenarnya bukanlah sembarang kaos melainkan kaos yang menjadi pemenang sayembara desain di DBH. Karena menggunakan sistem sayembara dengan hadiah lumayan besar, para desainer bisa menyelam sekaligus meminum air (baca: selain lihat-lihat desain kaosnya, kamu juga bisa mengikuti sayembaranya).

2. Threadless

Threadless

Situs ini hampir mirip dengan DBH, hanya saja Threadless lebih meriah dan lebih sering membombardir pengunjungnya dengan desain-desain terbaru. Di sini, para pengunjung dan calon pembeli selalu disuguhi desain-desain kaos terbaru dalam rentang harian, bukan per sayembara laiknya DBH. Bila tidak sedang bokek, kamu juga bisa sesekali membeli kaos dari Threadless. Harga-harga kaosnya termasuk relatif terjangkau untuk ukuran desainer Indonesia, USD $10 per pcs (kalau lagi diskon).

3. Smashing Magazine

Ini dia situs wajibnya para desainer. Smashing Magazine tidak hanya menjadi rujukan bagi para desainer secara umum, tapi juga sudah menjadi barometer desain di internet. Entah itu untuk web design, T-Shirt design, Typeface design, UI design, Theme design, maupun e-store design. Hampir semua yang dicari oleh desainer ada di sini.

Situs ini memang tidak menjadikan dirinya sebagai penyedia informasi desain T-Shirt, tapi beberapa tulisan yang diterbitkan di sana bisa menjadi standar rujukan bagi para desainer T-Shirt untuk menambah pengetahuan dan keterampilan desainnya.

Coba baca ini nih …. Design Something Everyday!

4. Go Media Zine

Go Media Zine

Dari desainer untuk desainer. Situs ini dikelola oleh Go Media, sebuah biro desain (design egency) dari USA. Materinya sangat cocok dibaca oleh para desainer T-Shirt. Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari Go Media adalah bonus-bonusnya yang dilepas secara gratis. Entah itu T-Shirt atau Hoodie template, maupun koleksi gambar vektor yang berkualitas tinggi.

5. Emptees

Connected

Dari desainer, oleh desainer, untuk desainer. Inilah emptees. Di emptees kamu bisa mendaftar jadi anggota lalu menunjukkan hasil karyamu kepada semua pengunjung dan juga anggota-anggotanya. Setelah sempat beberapa kali mengunjungi emptees, saya jadi tahu bahwa beberapa karya desainer di sini ternyata sering dijiplak secara membabi buta oleh desainer Indonesia. Meskipun begitu, masih ada juga desainer lokal di sana yang teguh mendesain tanpa menjiplak karya desainer luar. Mantap!

Salah satu keuntungan menjadi anggota emptees adalah bahwa kamu bisa sekalian jualan. Yoa, jadi anggota, submit karyamu, terus taruh aja harga kaosmu per pcs-nya, siapa tahu ada yang beli. Tapi ingat, kalau menjual kaos di emptees baiknya menggunakan USD$, jangan IDR Rp. Hehehe …

Oke itu dulu informasi kali ini. Semoga bermanfaat. Selamat mendesain kaosmu. Kalau ada situs-situs inspiratif lain yang terlewat langsung berkomentar ya. Btw untuk situs-situs inspiratif versi lokal insyaallah akan saya terbitkan beberapa hari lagi. So stay tuned ya di distro kaos

Penulis adalah pendiri blog Distro Kaos aka Wimkhan Clothing.

7 Responses to “5 Situs Inspiratif untuk Desainer Kaos”

  1. jumppiro Says:

    Mantab gan info nya,,sangat menambah pengetahuan tentang desain dan jiplak-menjiplak


  2. lumayan buat nambah referensi (y)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: