How to be the next one billion rupiah clothing company (Seri 1)

Januari 1, 2010

astro-boy-flying

Satu miliar per tahun dari bisnis kaos? Hmmm…yuk kita cari tahu!

Ketika kita mendirikan clothing company atau distro kaos, salah satu alasan utamanya adalah rupiah. Yoa, saya tahu bahwa kamu, para founder, owner, atau pelaku bisnis clothing – seperti juga saya – mengambil jalan ini karena kita memang butuh uang, selain karena memang kita mencintai dunia desain & fashion tentunya. Tapi bagaimana caranya?

Apakah mungkin sebuah clothing company yang didirikan dengan modal pas-pasan (pas ortu ngirim duit kita baru usaha. heehhehe…) dan semangat underground ala anak muda mampu meraih uang sebanyak itu, 1 milliar. Gue ulangi bro, 1 milliar. Yang Kalau ditulis menggunakan angka bakal jadi seperti ini nih:Rp 1.000.000.000,-.

Kalau melihat dari kenyataan di lapangan, penghasilan 1 miliar bukanlah isapan jempol belaka. Seperti yang sudah saya singgung di tulisan saya sebelumnya, distro kaos populer seperti Dagadu dan Joger sebenarnya sudah mampu membuktikannya. Lalu bagaimana dengan kita sendiri? Bisakah kita?

Well, mari kita jabarkan Rp 1.000.000.000,– seperti apa ya?

Secara ekonomi, meraih pendapatan 1 milliar sejatinya adalah sesuatu yang sangat alamiah. Berikut penjabarannya menggunakan contoh Distro Kaos Wimkhan:

  1. Distro kaos Wimkhan menjual kaos (ya iyalah, masa jualan ayam bakar, ntar jadi Wong Solo dong).
  2. Setiap kaos yang terjual, Distro Kaos Wimkhan mendapatkan Rp, 10.000,- (asumsikan saja begitu).
  3. Untuk mencapai penghasilan 1 miliar per tahun, Distro Kaos Wimkhan harus mampu menjual 100.000 pcs kaos per tahun.
  4. Dengan kalkulasi seperti itu, Distro Kaos Wimkhan harus mampu menjual kurang lebih 8.333 pcs kaos per bulannya atau kurang lebih 278 pcs kaos per harinya (asumsikan 1 bulan = 30 hari) atau 12 pcs kaos per jamnya atau5 pcs kaos per menitnya< /STRONG > .

Perlu diingat, penjabaran di atas masih bisa berubah-ubah bila ente mengubah rasio keuntungan per kaos. Misalnya, ente menaikkan margin keuntungan dari Rp 10.000 menjadi Rp 20.000 per kaos. Jadi silahkan sesuaikan sendiri dengan selera masing-masing.

kamen-rider-wallpaper0100

Bagaimana caranya ya? Gua jadi bingung nih … mikir dulu ah.

Bagaimana cara meraih 1 miliar melalui bisnis kaos?

Kalau sudah tahu bahwa pendapatan 1 miliar adalah hal yang alamiah, maka pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mencapainya? Bagaimana cara menjual 5 kaos dalam satu menit selama setahun? Apakah itu mungkin? Adakah jalur cepat untuk meraih 1 miliar? Hmm, kalau jalur cepat atau shortcut saya masih bingung, tapi setidaknya saya punya beberapa cara idiot untuk berhasil mencapai titik itu. Berikut konsep dan gagasan dari saya:

To be continued ……. [How to be the next one billion clothing company (Seri 2)]

Pembahasan lengkapnya insyaallah akan terbit di seri kedua dari judul tulisan yang sama. So stay tuned in distro kaos yow …. berlangganan feednya aja biar gampang. Nih linknya .

One Response to “How to be the next one billion rupiah clothing company (Seri 1)”

  1. Hamid Anwari Says:

    info sangat bagus n manfaat besar tuk pemula menekuni bisnis kaos, sy butuh gambaran lebih lanjut ttg bisnis kaos tsb, tq


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: