Untuk Calon Desainer Wimkhan Clothing

Maret 17, 2010

shirtmockup

Tulisan ini adalah semacam FAQ (frequently asked question) yang sering diajukan oleh para desainer untuk saya. Dokumen ini bisa juga dianggap sebagai kontrak kerjasama & aturan main antara Wimkhan Clothing dan Desainernya. Untuk memperoleh informasi yang lebih jelas, Anda sebaiknya sering-sering memantau dokumen sederhana ini. Demi kebaikan kita bersama….

Berapa persentase bagi hasil antara Wimkhan Clothing dengan desainer kaosnya?

Wimkhan Clothing : Desainer Kaos
(50%) : (50%)

Contoh kasusnya?

Langsung aja ke contoh kasus biar mudah dipahami. Misalnya ada desainer memberikan satu desain kaosnya kepada Wimkhan Clothing. Lalu kita – Wimkhan Clothing & Desainer Kaos – sepakat untuk menjual kaosnya dengan harga Rp. X,-. Dari banderol Rp. X ini, misalnya kita mendapatkan untung Rp. 10.000,- per pcs kaosnya. Dengan jumlah keuntungan ini, maka Wimkhan Clothing akan mendapatkan Rp. 5.000,- per pcs kaos yang terjual, dan begitu juga desainer kaosnya yang akan menerima Rp. 5.000,- per pcs. Simple!

Bagaimana kalau desain kaos saya terjual sebanyak 100 pcs?

Selamat! Anda tinggal mengalikannya sendiri dengan nominal keuntungan Anda. Bila per pcs kaos yang terjual Anda mendapatkan Rp. 5.000,-, maka Anda akan mendapatkan 100 X Rp. 5.000,- = Rp. 500.000,-. Ups, tapi tunggu dulu. Dalam beberapa situasi dan kondisi, terkadang Anda bisa mendapatkan lebih dari jumlah di atas atau malah kurang dari nominal itu.

Kenapa keuntungan saya kurang dari Rp. 500.000,- padahal kaos saya terjual 100 pcs?

Hal ini bisa saja terjadi ketika Wimkhan Clothing selaku penjual desain kaos-kaos Anda harus menjual kaos Anda di bawah harga yang sebelumnya sudah kita sepakati. Misalnya saja, harga standar kaos Anda sebelumnya adalah Rp X,- namun suatu hari ada pembeli yang membeli borongan – beli langsung 12 pcs kaos per desain – yang meminta diskon dari harga standar. Sebagai penjual, tentu saja hal ini bisa dimaklumi. Walhasil, akhirnya Wimkhan Clothing memberi diskon kepada pembeli borongan tadi dengan harga Rp. X minus Rp. 5.000,-.

Kalau sudah begini, keuntungan untuk kita berdua praktis berkurang, yang sebelumnya per pcs untung Rp. 10.000,- sekarang hanya Rp. 5.000. Karena sekarang untung per pcs kaos hanya Rp. 5.000,- sekarang Wimkhan Clothing hanya mendapatkan Rp. 2.500,-, begitu juga dengan Anda.

Kenapa keuntungan saya bisa lebih dari Rp. 500.000,- padahal kaos saya terjual 100 pcs?

Hampir sama dengan kasus di atas, tapi kali ini harga kaos Anda ternyata berhasil kami jual di atas harga standar. Tapi jujur kasusnya belum pernah saya temui. Walaupun begitu, saya yakin suatu hari ini kejadian seperti ini bisa saja terjadi. Dan ketika hal ini terjadi, tentu saja saya akan dengan SENANG HATI menceritakannya kepada Anda.

Bagaimana saya mengambil uang Anda dari Wimkhan Clothing?

Uang Anda akan kami kirim via transfer antar Bank.

Kapan saya boleh mengambil uang itu?

Kalau keuntungan Anda sudah mencapai Rp. 50.000,- maka uang akan kami kirimkan.

Bagaimana saya tahu kalau jumlah kaos yang terjual adalah persis seperti yang Wimkhan Clothing beri tahukan?

Well, untuk ini saya juga belum tahu cara menjawab pertanyaan ini. Tapi umumnya desainer yang desain kaos-kaosnya saya jual adalah teman-teman saya sendiri. Dan mereka mempercayai saya, jadi saya akan membalas kepercayaan ini dengan sebaik mungkin. Walau Wimkhan Clothing sadar bahwa kami memang masih jauh dari sempurna. But we always try anyway. Dan itu – sales & marketing – dilakukan dengan uang Wimkhan Clothing sendiri. Wimkhan Clothing sampai hari ini belum pernah meminta dana bantuan dari desainernya. Alhamdulillah. Meski kami tidak keberatan kalau desainer kaos kami membantu sales & marketing juga.

Oke saya berminat untuk bekerja sama dengan Wimkhan Clothing, lalu apa yang harus saya lakukan?

Kirimkan karya Anda dalam bentuk JPG (1024 X 700 pixel), PNG (1024 X 700 pixel), CDR (Corel Draw), dan PSD (Photoshop) ke wimkhan.clothing@gmail.com.

Desain kaos seperti apa yang diterima oleh Wimkhan?

Sebagai petunjuk dan warming up, silahkan lihat kategori desain kaos Wimkhan Clothing. Di sinilah Wimkhan akan meletakkan semua kaos karya para desainernya yang dijual.

Desain kaos seperti apa yang diterima dan DISUKAI oleh Wimkhan?

Tentu saja yang bernilai jual tinggi dan ada kemungkinan cepat laku. Diantaranya:

  1. Kaos dengan desain Astro Boy.
  2. Kaos dengan desain Kamen Rider.
  3. Kaos dengan desain dropdead tapi lucu.
  4. Kaos go green yang unik dan lucu. Misalnya Anda membuat desain kaos yang di dalamnya ada robot Gundam yang sedang menyiram tanaman atau sedang bersepeda jengky merk Gazelle ala kurir-kurir pos di zaman penjajahan Belanda dulu.
  5. Kaos speak up! Kaos yang ada pesan-pesan kebaikannya, baik yang menggunakan kata-kata atau gambar, dan secara umum bernilai positif ketika dibaca oleh banyak orang.
  6. Lihat dan baca ini: 5 Tipe Kaos Laris di Kaskus.

Desain kaos seperti apa yang TIDAK AKAN DITERIMA oleh Wimkhan?

Sama seperti Anda, sebenarnya Wimkhan juga tidak suka dengan penolakan tapi ada beberapa kategori kaos yang akan tegas kami tolak demi kebaikan umat manusia. Diantaranya:

  1. Copy paste desain kaos dari desainer lain secara membabi buta.
  2. Copy paste desain kaos dari Google Image atau search engine lainnya secara membabi buta.
  3. Kaos yang menyerang SARA (suku, agama, ras) tertentu.
  4. Kaos yang mengandung muatan seks & pornografi.

 

Terakhir, Kenapa distro ini namanya Wimkhan Clothing?
Hmmm, entahlah. Mungkin karena saya sempat suka dengan Shahrukh Khan kali ya. Khususnya dalam perannya sebagai Rahul Khanna dalam Film Kuch Kuch Hota Hai. Maaf kalau nama ini membuat Anda mengusik jati diri Anda, tapi jujur saya tidak akan mengubahnya. ^_^

 

Sukses untuk kita semua. Amin.
Wimkhan Clothing
Karena setiap kaos sudah ada jodohnya …

081328351154
Jalan KH Ali Maksum No. 130
Yogyakarta 55143

2 Responses to “Untuk Calon Desainer Wimkhan Clothing”

  1. warto Says:

    masih belum mudeng aku wim maksdnya ini apa sech, jlsn cpa tau ni bisnis menguntungkan

  2. maaki Says:

    saya berminat donk untuk jadi designer di distro anda, di tunggu loh balasan y


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: